Bagaimana Aturan Pakai Masker Kain yang Benar? Berikut Ulasannya

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Meskipun new normal sudah mulai diterapkan, masyarakat masih tetap diminta untuk mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas. Masyarakat diminta untuk selalu cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan memakai masker kain. Sudah banyak orang yang jual masker kain. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan masker ketika keluar rumah.

Apakah masker kain sama efektifnya dengan masker medis dalam menangkal virus corona? Jika dibandingkan dengan masker kain, masker medis tentu lebih efektif dalam menangkal virus corona. Masker kain memiliki kemampuan yang sama untuk menangkal virus namun dengan tingkat efektivitas yang lebih rendah. Jika digunakan dengan benar, masker kain mampu melindungi diri Anda dari risiko tertular virus corona.

Memakai masker dengan benar

Bagaimana aturan yang benar dalam pemakaian masker kain? Berikut ulasannya.

1. Pilih masker kain yang sesuai standar

Yang pertama, pilih masker yang sesuai standar. Dari sekian banyak orang yang jual masker kain, pilihlah masker yang terbuat dari 3 lapis bahan. Masker 3 lapis ini lebih efektif menangkal virus corona daripada masker yang hanya satu lapis.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan masker kain yang Anda beli mampu menutupi area hidung dan mulut dengan baik. Sesuaikan ukurannya agar bisa dikenakan dengan pas.

2. Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang masker

Aturan kedua adalah cuci tangan sebelum dan sesudah memegang masker. Sebelum Anda mengenakan masker, pastikan tangan Anda bersih. Jika selama pemakaian Anda tidak sengaja menyentuh bagian luar masker, Anda harus segera cuci tangan dengan sabun atau bisa juga menggunakan hand sanitizer.

3. Hindari menyentuh masker bagian luar

Meskipun tampak tidak kotor dan berbahaya, hindari menyentuh bagian luar masker. Kenapa? Bagian luar merupakan bagian yang infeksius. Bisa jadi ada droplet mengandung virus corona yang menempel pada bagian ini. Jika Anda memegangnya dan tidak segera mencuci tangan, sangat mungkin Anda bisa tertular Covid-19 meskipun rajin memakai masker.

4. Lepas masker dengan memegang bagian talinya

Lalu, bagaimana caranya melepas masker jika tidak boleh memegang bagian paling luarnya? Caranya adalah dengan memegang bagian talinya. Setelah dilepas, simpan masker kain yang sudah terpakai ke dalam kantong plastik atau kantong kertas.

5. Tidak boleh memakainya lebih dari 4 jam

Aturan yang kelima, masker kain tidak boleh dipakai selama lebih dari 4 jam. Jika sudah 4 jam dan Anda masih berada di luar rumah, ganti masker Anda dengan yang baru. Jadi, ketika Anda membeli masker di orang yang jual masker kain, jangan hanya beli satu. Belilah 3-5 masker kain sekaligus.

Nah, itulah 5 aturan memakai masker kain. Pilihlah tempat yang jual masker kain sesuai standar, yaitu yang memiliki 3 lapisan serta mampu menutup hidung dan mulut dengan baik. Selebihnya, sesuaikan aturan pemakaian masker dengan benar berdasarkan himbauan yang ada.

Tags: